December 11, 2012

Indahnya kebersamaan

Pada umumnya ular dapat mempesonakan kita bahkan dapat memberikan ketakutan bagi kita. Bagi beberapa orang, ular dapat dikatakan sebagai perwakilan dari kejantanan dan nasib baik. Namun bagi sebagian besar orang, ular merupakan makhluk yang sering datang pada mimpi buruk. Selama berabad-abad ular telah disalahpahami dan sering dikaitkan dengan okultisme bahkan simbol dari kejahatan. Peran ular di layar lebar dan dalam literatur baik fiksi dan non-fiksi menambah kesan negatif ular, sampai-sampai umumnya semua ular dianggap berbisa, berbahaya dan merupakan ancaman yang akan mengakibatkan kematian.

Mengidentifikasi dan mengenal ular lebih lanjut merupakan hal terpenting bagi teman-teman yang menyukai kegiatan alam bebas atau bagi pecinta alam. Kalian harus tahu bahwa habitat ular tersebar di mana-mana, dapat saja itu merupakan habitat ular yang berbisa atau yang tidak berbisa. Dapat dikatakan bahwa hanya segelintir orang menyukai ular, tetapi yang perlu diingat bahwa "tidak semua ular itu berbisa". Hal ini diakibatkan karena citra buruk yang telah ditanamkan dari dulu sehingga menjadi paradigma turun-temurun yang menyatakan bahwa semua jenis ular memiliki bisa, terlebih lagi bagi orang yang takut dengan ular.

Memang benar bahwa ular berbisa itu berbahaya, tetapi mereka juga memiliki peranan penting dalam ekosistem yang perlu kita hargai dan hormati. Seperti halnya, ular dapat menyingkirkan hama-hama pertanian layaknya tikus dan lain sebagainya. Sudah saatnya bagi kita untuk menyisihkan prasangka kita dan mengganti ketakutan kita dengan pengetahuan. Melalui pengetahuan dan pemahaman kita dapat belajar untuk menghargai keindahan dan kompleksitas dari keberagaman dan evolusi yang terjadi. Mari kita ganti ketakutan irasional terhadap ular dengan rasa hormat dan penerimaan yang baik.

Bagi kalian yang mencintai dan memelihara ular, sangatlah penting bahwa kalian harus memperbekal diri dengan memperkaya seluk-beluk tentang ular itu sendiri agar dapat mengetahui cara merawat ular dan kapan harus melepaskannya kembali ke alam demi terjaga keseimbangan ekosistem kita.